15 Desember 2012

Dermatitis dan Cara Penanganannya


Dermatitis adalah penyakit kulit gatal-gatal, kering, dan kemerahan. Dematitis juga dapat didefinisikan sebagai peradangan pada kulit, baik karena kontak langsung dengan zat kimia yang mengakibatkan iritasi, atau reaksi alergi. Terdapat dua jenis penyakit kulit ini yakni eczematous (dermatitis yang disebabkan oleh kontak langsung, atau mungkin muncul ketika alergen yang dihirup, disuntikkan, atau tertelan) dan noneczematous (dermatitis yang disebabkan kontak tidak secara langsung dengan iritan, misal deterjen, bahan kimia pada perfum, dan masih banyak yang lain).

Dengan kata lain, dermatitis adalah jenis alergi kulit. Selain penyebab bahan-bahan kimia, sering kali dermatitis terjadi ketika kulit sensitive kontak langsung dengan perhiasan logam biasanya emas dengan kadar rendah atau perhiasan perak dan kuningan. Jika Anda mengalami kulit kering dan gatal, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi pada dokter, apakah yang terjadi pada kulit Anda teridentifikasi dermatitis.

Jika Anda teridentifikasi dermatitis, maka pertama kali yang harus Anda ketehui adalah penyebab dari penyakit kulit tersebut. Pastikan Anda menghindari penyebab dari iritasi dan alergi. Jangan pernah menggaruk, meskipun rasa gatal tidak tertahankan. Sebab menggaruk tidak akan membuat hilang rasa gatal, melainkan akan memperparah ketidaknyamanan Anda. Sebab menggaruk akan menyebabkan kulit lebih rentan terhadap infeksi kulit dan penyakit kulit lainnya. Biasanya rasa gatal timbul karena area kulit tersebut kering maka gunakan pelembab untuk mengurangi rasa gatal. Gunakan obat kulit untuk dermatitis, juga akan membantu mengurangi rasa gatal.

Maka untuk mencegahnya selain menghindari penyebab yang dapat membuat Anda alergi yakni jika Anda membeli pakaian baru, alangkah baiknya sebelum menggunakan pakaian tersebut cucilah terlebih dahulu. Belilah pakaian yang tidak terlalu ketat terutama jika terdapat bahan dari karet, gunakan pakaian yang 100% kapas. Potong label pakaian Anda jika membuat Anda merasa sangat gatal.

Calamine lotion direkomendasikan dalam beberapa kasus untuk mengobati dermatitis. Jangan pernah mendiagnosa atau mengobati dermatitis tanpa nasihat medis, beberapa jenis diperlakukan berbeda dan jika perlakuan yang salah dapat memperburuk kondisi. Anda dapat mengurangi gatal-gatal dan menggaruk-garuk dengan obat kulit seperti topikal atau antihistamin. Hindari penggunaan produk yang mengandung parfum atau deterjen keras.

Cara penangannya memang mudah kecuali berhubungan dengan garis keturunan karena agak mengalami sedikit kendala dalam penyembuhannya karena merupakan penyakit kambuhan.

Misalnya, menjaga kebersihan dan kesejukan rumah. Banyak debu dan suhu yang terlalu panas akan memicu keringat dan iritasi pada kulit. Bulu hewan peliharaan dan sabun yang tidak lembut juga bisa menimbulkan iritasi bagi kulit yang sensitif seperti kulit bayi.

Selain itu, pilihlah pakaian balita yang lembut. Jangan yang terbuat dari bahan wol atau nilon karena terlalu kasar. "Usahakan bahan dari katun yang lembut dan bisa menyerap keringat," imbuh Mulyadi.

Masalah makanan juga harus diperhatikan. Terkadang kulit juga alergi terhadap makanan tertentu, seperti udang, ikan, dan telur.

Tidak ada komentar: