14 Desember 2012

Protein Baik Untuk Tubuh


Kebanyakan orang menghindari kalori agar bentuk tubuhnya tetap dalam keadaan yang ideal. Asupan makanan yang mengandung protein juga bermanfaat bagi tubuh, salah satunya adalah dapat membantu tubuh untuk tetap langsing.
Protein membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, dan protein juga menjadi sumber makanan yang dibutuhkan otot untuk membentuk massanya. Otot inilah yang akan bertugas untuk membakar lemak. Apabila lemak berhasil dibakar, maka kelangsingan tubuh akan tetap terjaga.
Menu protein apa sajakah yang harus disajikan di meja makan Anda mulai saat ini? Maka simaklah penjelasannya di bawah ini.

Seafood

Makanan laut adalah salah satu menu yang mengandung protein terbaik. Umumnya, menu-menu seafood juga low fat, sehingga sangat dianjurkan untuk menemani program diet Anda. Bagaimana dengan kolesterol? Beberapa menu seperti kerang, kepiting mungkin tinggi kolesterol. Namun jika Anda bisa menjaga jumlah porsinya, tidak akan menjadi masalah bagi tubuh.


Daging putih

Yang dimaksud dengan daging putih adalah menu-menu seperti unggas, sedangkan daging merah adalah daging sapi, daging kambing, dan lain sebagainya. Untuk menu unggas, bagian dada adalah bagian terbaik karena mengandung sedikit lemak saja.


Produk susu

Berbagai produk susu, seperti yogurt dan keju, dapat menjadi pilihan menu protein yang baik. Bila Anda khawatir mengenai kandungan lemak di susu, Anda juga bisa memilih susu low fat. Selain itu, produk susu juga kaya akan kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan tulang. Umumnya perempuan di Indonesia menderita osteoporosis karena kekurangan kalsium, maka jangan sampai Anda juga termasuk ke dalam sebagian besar perempuan tersebut.

Telur

Selain dagingnya, telur ayam juga kaya kandungan protein. Namun Anda bisa memilih bagian putihnya saja jika takut atau tidak menyukai bagian kuningnya, karena bagian kuning dari telur memang mengandung kolesterol yang tinggi.

Kacang-kacangan
Camilan kacang akan jauh lebih sehat daripada menu goreng-gorengan. Karena kacang mengandung lemak nabati, yang tidak akan serta merta membuat Anda berjerawat. Kandungan proteinnya justru baik untuk otot, dan untuk mengurangi kekhawatiran Anda soal lemak, Anda bisa mengolahnya dengan teknik panggang atau goreng pasir.

Kedelai
Bila Anda termasuk dalam salah satu orang yang alergi susu sapi, maka beralihlah pada produk kedelai. Kandungan susu kedelai dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi potensi serangan penyakit jantung. Selain itu, kedelai juga dapat diolah menjadi berbagai menu makanan seperti tahu atau tempe. Dapat disajikan sebagai lauk yang sehat dan harganya pun terjangkau.

Mari mulai hidup sehat dengan memasukkan menu-menu protein terbaik tersebut di dalam daftar belanjaan untuk menu Anda sehari-hari.

Tidak ada komentar: