23 Mei 2014

Penyeliaan Fasilitatif Kinerja Rujukan 1 di Puskesmas Lumbir

Dalam rangkaian kegiatan pendampingan jejaring puskesmas vanguard terdapat kegiatan penyeliaan faslitatif rujukan, hal ini merupakan salah satu elemen yang sangat penting karena berpengaruh terhadap keselamatan ibu dan bayi.

Salah satu penyebab kematian bayi atau ibu adalah terlambatnya penanganan rujukan baik oleh bidan desa maupun oleh fasilitas kesehatan dalam hal ini Puskesmas. Untuk meminimalisir kondisi tersebut EMAS selaku program keselamatan bayi dan ibu menitikberatkan pada sektor ini.


Dalam instrumen EMAS terdapat program SIJARIEMAS yang merupakan aplikasi penyedia layanan rujukan yang berfungsi menghubungkan komunikasi dari bidan, Puskesmas sampai pelayanan tingkat lanjut dalam hal ini rumah sakit.

Di lumbir sendiri aplikasi ini sebelumnya sudah pernah diketahui namun secara detail para tenaga kesehatan belum mengetahui benar tentang definisi,manfaat serta prosedurnya.

Dalam aplikasi tersebut terdapat format sms yang dapat dikirim oleh bidan/puskesmas ke server yang terhubung di RS dan otomatis akan terbaca di Ruang IGD RS yang terjejaring dengan program tersebut.
Selain itu aplikasi ini mencakup pula data ibu hamil di suatu daerah serta data bumil resti yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan dalam pelayanan kesehatan berikutnya.

Dengan adanya program SIJARIEMAS maka alur rujukan dapat dirunut tentang cara penanganan serta apa yang harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang merujuk karena petugas di RS juga memberikan advis/saran untuk penanganan sementara.

Untuk pelaksanaan PF2 akan dilanjutkan hari rabu pekan depan, semoga Puskesmas Lumbir dapat mencermati baik-baik apa yang telah disampaikan.

Tidak ada komentar: