18 Mei 2014

Praktek Keperawatan Maternitas dan Anak

Puskesmas I Cilongok sebagai wadah pelayanan kesehatan tingkat primer terus berusaha mempertahankan dan meningkatkan pelayanan dalam kualitas dan mutunya, terbukti dengan dijadikannya Puskesmas kami sebagai lahan praktek bagi pendidikan keperawatan yang mungkin sudah sangat lama dilaksanakan. Instansi pendidikan yang menempatkan mahasiswa perawat tersebut adalah Poltekes Semarang Prodi Keperawatan Purwokerto yang merupakan pendidikan keperawatan ternama di kabupaten Banyumas.
Adapun jumlah mahasiswa yang mengikuti praktek tersebut berjumlah 3 kelompok yang masing-masing terdiri dari 10 orang, setiap kelompok melaksanakan praktikum selama 2 minggu. untuk kompetensi yang harus dicapai meliputi kompetensi Keperawatan Anak dan Maternitas. Mahasiswa tersebut di tempatkan di beberapa bagian di Puskesmas seperti Poli KIA/KB, Poli Umum,Poli Anak/ Imunisasi untuk rawat jalan sedangkan untuk rawat inap kami tempatkan di IGD dan VK.


Untuk mempermudah pelaksanaan sesuai dengan instruksi pembimbing Akademis Poltekes kami membagi untuk minggu pertama masing-masing 5 anak di keperawatan anak serta 5 orang di keperawatan maternitas, dalam prakteknya kami meminta mahasiswa untuk lebih aktif bertanya tentang kegiatan yang mungkin termasuk dalam kompetensi, misal kegiatan Posyandu, Penkes kepada masyarakat, imunisasi dan lain-lain.
Semoga dengan dipercayanya Puskesmas I Cilongok sebagai lahan praktek keperawatan dapat meningkatkan ketrampilan mahasiswa perawat serta dapat dapat menambah ilmu pula bagi perawat di sini jika ada hal yang baru.

Tidak ada komentar: