13 Mei 2014

Uji Kompetensi Bidan Jejaring Puskesmas Vanguard

Pada beberapa saat lalu Puskesmas I Cilongok selaku mentor bagi puskesmas jejaring vanguard melakukan uji kompetensi bidan, adapun Puskesmas yang dimentori saat ini adalah Puskesmas Lumbir yang merupakan Puskesmas yang berada di ujung barat terjauh kabupaten Banyumas.

Dalam uji ini melibatkan seluruh bidan yang ada di wilayah puskesmas Lumbir termasuk bidan Puskesmas dan bidan desa yang berjumlah 26 bidan, sedangkan penguji terdiri dari 5 bidan yang sudah berkompeten di bidangnya.
Materi yang diujikan terdiri dari :
1. Penanganan Resusitasi
2. Metode Kanguru
3. Manajemen Kala III
4. Perdarahan Post Partum
5. Pemberian MgSO
6. IMD






Dengan dilaksanakannya uji klinis ini diharapkan bidan dapat melakukan tindakan kegawatdaruratan maternal dan neonatal secara cepat dan tepat sehingga dapat menurunkan AKI dan AKB yang terbilang masih cukup tinggi di Kabupaten Banyumas.
Penilaian berkelanjutan akan terus dilaksanakan pada tahap berikutnya dengan pelaksanaan uji skill internal di Puskesmas masing-masing untuk meningkatkan ketrampilan yang ada.

Tidak ada komentar:

P E N G U M U M A N NOMOR : 810/         /2020 Dalam rangka memenuhi kebutuhan SDM, Puskesmas Cilongok I Dinas Kesehatan Kabupaten B...