16 Oktober 2014

Pendampingan Klinis 2 hari ke 3

Pendampingan Klinis 2 di Kabupaten Cilacap memasuki hari ke 3, saatnya bagi tim mentor EMAS puskesmas 1 Cilongok untuk meneruskan tugasnya berdasarkan jadwal yang diterima. Kali ini tim mentor mendapatkan tugas ke Puskesmas paling ujung dari Kabupaten Brebes yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat, Puskesmas yang dimaksud adalah Puskesmas Losari. Letak lokasinya berdekatan dengan pasar sehingga suasana ramai sesak dapat ditemui untuk masuk ke Puskesmasnya. Kali ini tim mentor didampingi langsung oleh tim LKBK untuk melihat proses kegiatan yang berjalan sehingga keluhan dari Puskesmas dapat langsung ditampung oleh TIM EMAS. 



Sesampainya di lokasi, tim langsung mensurvei lokasi di bagian masing-masing serta diikuti oleh bidan Puskesmas untuk menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan maternal neonatal yang ada. setelah selesai kegiatannya tim beserta segenap karyawan Puskesmas Losari berkumpul di aula untuk diadakan paparan dari tim mentor serta penyampaian RTL sebelumnya, diselingi pula dengan presentasi kasus serta audit maternal yang pernah terjadi.



Seperti biasanya tim melakukan penilaian tata kelola klinis yang merupakan penilaian wajib untuk mengetahui tingkat pelayanan maternal neonatal puskesmas yang dimentori, dalam pengkajiannya ditemukan beberapa kekurangan di antaranya :
1. belum lengkapnya peralatan baik di troli emergency ibu maupun bayi.
2. kurangnya pengetahuan petugas dalam penggunaan alat-alat kegawatdaruratan
3. belum adanya daftar hadir demo klinis bidan
4. kurangnya tempat sampah di tiap-tiap ruangan
5. tidak adanya wastafel di ruangan nifas


Tidak ada komentar: