21 Oktober 2012

Cara Menangani Batuk


Batuk secara spontan merupakan salah satu pertahanan tubuh terbaik. Hembusan udara saat batuk membersihkan bahan asing dari saluran udara. Asap, polusi udara, makanan yang sengaja terhirup, atau iritasi saluran napas lainnya dapat memicu batuk.

Bila Anda demam, lendir dari hidung bisa mengalir ke saluran napas (postnasal drip) dan memicu refleks untuk batuk.

Jika paru-paru Anda sesak, batuk dapat mengeluarkan dahak dan lendir. Jenis batuk "produktif" sangat membantu dalam membersihkan paru-paru. Anda tidak harus memancing batuk produktif dengan obat.

Berikut adalah beberapa penyebab umum batuk:

* Merokok dapat membunuh sel-sel lapisan saluran napas sehingga Anda tidak dapat mengeluarkan lendir secara normal. Batuk kronis perokok adalah bukti iritasi terus-menerus dari saluran udara.
* Infeksi virus dapat menyebabkan batuk yang biasanya menghasilkan lendir kuning atau putih. Antibiotik tidak berguna untuk mengobati infeksi virus. Batuk ini dapat berlangsung dalam waktu beberapa hari.
* Infeksi bakteri dapat menyebabkan batuk yang biasanya menghasilkan lendir berkarat atau hijau. Lendir tampak seperti itu mengandung nanah. Dokter dapat meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri. Dokter menggunakan "pneumonia" istilah yang berarti infeksi bakteri paru-paru, tetapi label yang sama dapat diterapkan untuk infeksi paru-paru lainnya, lebih atau kurang serius. Jangan panik jika Anda mendengar kata itu.

Cara Mencegah Batuk

* Jika Anda seorang perokok, maka berhenti atau kurangi. "Batuk perokok" yang kering adalah sinyal bahwa paru-paru Anda terus-menerus terganggu.
* Minum 8 sampai 10 gelas air sehari.

Perawatan di Rumah untuk Batuk:

* Minum banyak air. Air membantu untuk melonggarkan lendir dan menenangkan tenggorokan yang teriritasi.
* Batuk tetes dapat menenangkan tenggorokan teriritasi.
* Untuk batuk yang disebabkan oleh iritasi karena menghirup-asap, debu atau polutan- hindari terpaan secara langsung atau gunakan masker pernafasan,.
* Batuk yang disebabkan virus dapat berlangsung sampai sepuluh hari dan sering menjadi lebih buruk di malam hari. Tinggikan kepala Anda pada malam hari dengan bantal tambahan. Gunakan obat yang mengandung dekstrometorfan untuk membantu Anda lebih tenang pada saat batuk kering sehingga Anda bisa tidur.

Tidak ada komentar: