16 September 2014

In House Training pengendalian dan pencegahan infeksi

Penularan penyakit merupakan resiko terhadap perkembangan penyakit secara keseluruhan yang dapat meningkatkan angka kasus penyakit tertentu, hal ini harus disadari oleh tenaga kesehatan khususnya dalam usaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. untuk mengurangi angka kasus penyakit yang berhubungan dengan faktor penularannya dibutuhkan pengendalian dan pencegahan infeksi, semakin tinggi pencapaiannya maka angka kesakitan dapat diturunkan seoptimal mungkin.



Sehubungan hal tersebut di atas maka Puskesmas 1 Cilongok bekerjasama dengan tim PPI RS Margono Soekarjo Purwokerto mengadakan  training pengendalian dan pencegahan infeksi yang dilaksanakan tanggal 16-17 September 2014 yang bertempat di Aula Puskesmas 1 Cilongok. Kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta karyawan puskesmas yang dibagi menjadi 2 kelompok dan 2 hari pelaksanaan.


Tujuan diadakannya pelatihan PPI adalah
1. mencegah penularan nosokomial
2. mencegah penularan penyakit dari pasien ke petugas kesehatan 
3. meningkatkan ketrampilan karyawan puskesmas dalam penanganan dan pencegahan infeksi




Dalam sambutannya dr. Novita Sabjan menyampaikan bahwa masalah pencegahan infeksi merupakan point terendah dalam penilaian instrumen EMAS yang dinilai setiap 3 bulan sekali, beliau menekankan bahwa pencegahan infeksi merupakan hal-hal penting yang kelihatan sepele tapi punya efek yang besar. Harapan besarpun diinginkan agar setiap karyawan Puskesmas memiliki ketrampilan dalam pencegahan infeksi agar tujuan puskesmas dapat tercapai dalam hal preventif dan promotif.


Tidak ada komentar: