14 Oktober 2014

Pendampingan Klinis Ke Dua Kabupaten Brebes

Program EMAS telah berjalan cukup lama di Jawa Tengah dan telah mencapai hasil yang diinginkan dengan tersedianya sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar serta protap yang ditetapkan. setelah pelaksanaan P2 yang belum lama dilaksanakan di Kabupaten Cilacap maka Puskesmas 1 Cilongok mendapatkan tugas untuk melaksanakan Pendampingan Klinis di Puskesmas wilayah Kabupaten Brebes.



Sesuai dengan TOR yang telah dibuat oleh EMAS Propinsi Jawa Tengah, Puskesmas 1 Cilongok mendapatkan 3 Puskesmas yaitu Puskesmas Ketanggungan, Puskesmas Bojongsari dan Puskesmas Banjarharjo. Adapun realitanya akan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada dikarenakan Puskesmas lain yang dipercaya sebagai mentor adalah puskesmas dari Kabupaten Cilacap yang baru mendapatkan pendampingan klinis belum lama ini.

Sebelum pelaksanaan ke lapangan diadakan pertemuan untuk membahas strategi serta pola kegiatan agar pelaksanaan P2 dapat berjalan dengan hasil yang optimal, pertemuan tersebut bertempat di aula IDI Kabupaten Brebes dan diikuti oleh tim LKBK, tim EMAS Propinsi Jawa Tengah, Tim EMAS Kabupaten Banyumas, Tim EMAS Kabupaten Tegal, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, tim mentor puskesmas serta Puskesmas Vanguard Kabupaten Brebes.



Dalam prosesnya puskesmas serta RS yang dimentori memiliki beberapa kendala, sebagian besar mengeluh kurang mendukungnya sarana dan prasarana, kurangnya pengelolaan PI serta terhambatnya dana untuk pengadaan fasilitas yang dibutuhkan sehingga di saat bersamaan mereka langsung menyampaikannya ke pihak Dinas Kesehatan setempat yang mewakili.




Tidak ada komentar: