6 Januari 2015

Kegiatan Out Bound Karyawan Puskesmas

"Kita harus kompak, solid, dan bekerja sama sebagai tim untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan", demikian sepatah kata dr. Novita Sabjan dalam acara kegiatan Outbund yang dilaksanakan pada hari Sabtu kemarin. Kegiatan Outbund ini diadakan untuk meningkatkan semangat kerja dan mentalitas karyawan dalam melaksanakan pelayanan kesehatan pada pasien, di samping sebagai refreshing karyawan agar tidak terlalu jenuh karena berbagai rutinitas pekerjaan selama satu tahun.
Kegiatan ini melibatkan seluruh karyawan di Puskesmas 1 Cilongok yang terdiri berbagai elemen unsur kerja sebanyak 53 orang dan bertempat di salah satu kawasan outbund di sekitar lereng Gunung Slamet.



Dalam pelaksanaannya, karyawan dibagi dalam 5 kelompok untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas dalam setiap stase yang diberikan oleh pemandu outbound dalam hitungan waktu yang ditentukan. Masing-masing kelompok terdiri dari rata-rata 10 orang karyawan. Untuk pembagian kelompok jg diatur dengan cara yg unik dimana peserta disuruh mengitung dari 1 sampai 5 dan setiap karyawan yang mempunyai nomer sama maka berada dalam 1 kelompok.


Adapun stase yang harus diselesaikan oleh masing-masing kelompok antara lain :
1. stase toxic : kondisi di mana kelompok harus memindahkan racun dari suatu tempat ke tempat lain tanpa tertumpah hanya dengan menggunakan beberapa tali dan tmpt itu di kelilingi batas yang tidak boleh disentuh peserta.
2. stase bendera : kelompok harus mengambil bendera yang sesuai dengan warna kelompok dengan cara mengarungi sungai berarus deras sambil berenang.
3. stase merayap : kelompok harus melewati rintangan yang sempit dan berliku dengan cara merayap dan mata ditutup.
4. Stase Flying Fox : kelompok harus menyeberangi medan yang curam dengan menggunakan peralatan flying fox.
5.stase kolam ikan : kelompok harus menangkap ikan di kolam sawah sebanyak mungkin hanya dengan menggunakan tangan dan peralatan sederhana.


setelah melewati berbagai stase yang diberikan, kelompok akan dinilai berdasarkan hasil yang diperoleh berdasarkan kekompakan dan waktu yang diberikan, sehingga semakin cepat stase diselesaikan maka nilai yang didapat semakin tinggi.


Di sela-sela acara diadakan paint ball dengan menggunakan peralatan seperti perang yang sudah standar, sehingga masing-masing kelompok mempunyai misi untuk dapat merebut markas kelompok lain dengan cara merebut bendera yang terletak di markas kelompok lain.


Di akhir acara diumumkan juara dari setiap kelompok yang telah menyelesaikan tugas berdasarkan prestasi yang dinilai oleh penyelenggara. Serta diberikan hadiah sesuai dengan juara yang diraihnya serta doorprize bagi setiap peserta yang ikut dalam kegiatan kelompok.

Tidak ada komentar: