28 Maret 2015

Lokakarya Mini Puskesmas Bulan Maret 2015

Hari ini, Sabtu 28 Maret 2015 diadakan lokakarya mini Puskesmas seperti yang biasa dilakukan setiap bulan. Lokakarya mini kali ini bertempat di aula Puskesmas 1 Cilongok dan dihadiri oleh seluruh karyawan/ karyawati Puskesmas.
Dalam sambutannya, dr. Novita Sabjan menguraikan beberapa hal yang perlu diketahui oleh seluruh karyawan. beliau menjelaskan bahwa ada sebuah wacana dari Bupati Banyumas yang menginginkan tidak ada pembatasan wilayah bagi pasien yang ingin berobat di Puskesmas terutama bagi pasien pemegang KBS dan BPJS di luar wilayah FKTP bersangkutan. Bupati mengharapkan pasien tersebut harus tetap dilayani walaupun tanpa ada biaya pendaftaran, namun pelaksanaannya harus menunggu surat edaran untuk jadwal pelaksanaan dan realisasinya. Beliau juga menyoroti tentang pentingnya Rekam Medik baik buat Puskesmas maupun pasien itu sendiri karena Rekam medik merupakan rahasia pasien dan memiliki kekuatan hukum dan setiap org tidak bisa untuk mengetahui isi dari rekam medis bahkan untuk memasuki ruangan RM pun tidak sembarang orang.


Di tengah acara diadakan sumpah bagi petugas RM dalam hal ini Saudara Yuli Tri Antoro yang telah mengikuti pelatihan Rekam Medik selama 3 minggu di bulan sebelumnya, dalam pengucapan sumpah tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas 1 Cilongok serta disaksikan oleh 4 perwakilan karyawan Puskesmas. Kepala Puskesmas berharap agar sistem rekam medik dapat diperbaharui sesuai dengan pelatihan yang didapatkan sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan dokumen pasien dapat dipertanggungjawabkan, baik kepada pasien itu sendiri maupun pada hukum yang berlaku. Beliau menjelaskan bahwa petugas rekam medik mempunyai tanggungjawab untuk menjaga kerahasiaan serta dedikasi tinggi terhadap dokumen rekam medik sehingga harus disumpah.


Acara dilanjutkan dengan pemamaparan materi yang disampaikan oleh Yuli Tri Antoro selaku petugas rekam medik, beliau menyampaikan kembali tentang hasil yang diperoleh dari pelatihan selama 3 minggu diantaranya tentang definisi, fungsi rekam medik sampai dengan metode penyimpanan dokumen rekam medik itu sendiri. 


Di akhir acara diberikan 3 penghargaan karyawan berprestasi tingkat Puskesmas, perhitungannya mengacu pada kinerja karyawan selama 1 tahun terakhir. Karyawan tersebut layak mendapatkan penghargaan atas kinerjanya selama ini .
Adapun karyawan yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah :
1. Bapak Jumadi
2. Dewi Probowati, AMd. Keb
3. Eko Tri Winarno
Dengan pemberian penghargaan ini diharapkan karyawan tersebut dapat mempertahankan kinerja yang telah diraih dan mempertahankannya serta bisa memotivasi karyawan lain agar sungguh-sungguh dalam bekerja dan berdedikasi tinggi dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Tidak ada komentar: