25 Maret 2015

Peluncuran Kelas Memasak (Launching Cooking Class)

"Pemahaman masyarakat tentang makanan bergizi masih sangat kurang, mereka masih mempercayai bahwa masakan yang mahal lah yang mempunyai nilai gizi tinggi padahal dari tahu aja terkandung berbagai macam zat gizi yang cukup baik jika dikonsumsi", demikian sambutan dr. Novita Sabjan dalam acara Launching Cooking Class di Aula Puskesmas 1 Cilongok, Rabu (25 Maret 2015). Beliau menambahkan "pola masakan masyarakat masih itu-itu aja dalam mengolah tahu sehingga lama kelamaan menjadi bosan, jika saja dikelola dengan baik dalam mengolah menjadi masakan lain maka tahu tak kalah menariknya dengan masakan lain yang lebih mahal dan tak kalah pula kandungan gizi di dalamnya"


Kegiatan ini bertajuk "Launching Cooking Class" dan merupakan kerja sama dengan PT. Ikafood Putramas yang lebih dikenal dengan Kokita,  Pelaksanannya dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, kepala desa se wilayah Puskesmas 1 Cilongok, Pokja III Kecamatan Cilongok, PKK Kecamatan Cilongok serta kader Posyandu yang mewakili tiap-tiap desa serta mempunyai tema memasak sehat tanpa perlu mahal.
Kelas Memasak (Cooking Class)  merupakan terobosan baru Puskesmas 1 Cilongok dalam meningkatkan status gizi serta mengikutsertakan masyarakat dalam kegiatannya. Diharapkan setiap bulan diadakan cooking class dengan melibatkan masyarakat untuk lebih berkreasi dalam pembuatan makanan yang hemat, efisien dan bergizi tinggi serta dengan bahan yang mudah di dapatkan di tengah-tengah masyarakat.


Kegiatan ini diresmikan dengan pemotongan pita oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas yang dalam hal ini diwakili oelh Baharudin, SKM selaku Kasi Kesehatan Gizi DKK Banyumas, dalam sambutannya beliau juga menyampaikan bahwa masih ditemukan beberapa anak yang mengalami KEK dan gizi buruk di beberapa desa di wilayah Kabupaten Banyumas yang mana ditimbulkan karena ketidakmampuan ekonomi serta ketidakpahaman tentang makanan bergizi yang dikonsumsi setiap hari. dengan adanya kegiatan ini beliau berharap bahwa status gizi dapat ditingkatkan dan dipertahankan karena melibatkan masyarakat langsung dalam pelaksanaannya.


Adapun chef yang mewakili KOKITA diketuai oleh Chef Dwi Santoso serta dibantu Chef Apriyanto mengajarkan cara memasak sehat serta bernilai gizi tinggi kepada peserta yang hadir. Dalam ini dipraktekan pembuatan 3 menu masakan yang kebetulan bahan bakunya tahu dan singkong yang merupakan produk andalan dari salah satu desa di kawasan Cilongok sendiri.
3 menu tersebut antara lain :
1. Arancini Singkong dan Keju
2. Tahu Gordon Blue
3. Tumis Tahu Ayam Masak Brokoli



Acara berlangsung dengan penuh antusias dengan peserta memperhatikan dengan seksama penjelasan dari chef tentang bahan yang disiapkan, cara pembuatan serta teknik penyajian terhadap menu masakan yang ditampilkan serta sesekali chef memberikan candaan sehingga acara tidak berlangsung stagnan.


Di akhir acara chef memberikan pertanyaan kepada beberapa peserta tentang kegiatan memasak yang telah dilaksanakan serta memberikan hadiah berupa paket menu masakan bagi yang bisa menjawabnya, adapula beberapa peserta yang bertanya langsung tentang bagaimana cara membuat masakan lebih enak dan bervariasi.





Tidak ada komentar: