28 Maret 2015

Peluncuran Posbindu (Pos Binaan Terpadu) Harapan Sehat Puskesmas 1 Cilongok

Posbindu (Pos Binaan Terpadu) yang telah dilaksanakan oleh Puskesmas 1 Cilongok sejak dirintis di Desa Karanglo mulai melebarkan sayapnya di beberapa desa di wilayah Puskesmas 1 Cilongok, hal ini ditandai dengan dibukanya Posbindu Desa Cikidang, Desa Karang Tengah, Desa Panembangan dan Desa Gununglurah. Hal ini dikarenakan begitu antusiasnya respon masyarakat terhadap pelayanan kesehatan Posbindu. Posbindu merupakan kegiatan yang berbasis pada masyarakat dan merupakan pelayanan kesehatan yang dilakukan di luar gedung dan petugasnya sendiri melibatkan masyarakat dalam pelaksanaannya.

Seiring dengan kesuksesan Posbindu di beberapa desa yang telah dilaksanakan maka puskesmas berinisiatif untuk mengadakan Posbindu sendiri di kalangan karyawan. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui status kesehatan para karyawan yang mencakup IMT, tekanan darah, status gizi, kadar kolesterol, asam urat serta gula darah. Dalam perkembangannya Posbindu yang dilaksanakan di Puskesmas diberi nama "Posbindu Harapan Sehat". Hal ini dimaksudkan agar karyawan diharapkan selalu sehat dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat sehingga kegiatan pelayanan dapat berlangsung dengan lancar tanpa kendala apapun.


Posbindu Harapan Sehat terdiri dari 5 meja, yaitu
1. Meja 1 : Pendaftaran
2. Meja 2 : Pemeriksaan Fisik berupa pengukuran tekanan darah, berat badan dan tingi badan
3. Meja 3 : Pemeriksaan Biokimia berupa pemeriksaan asam urat, kolesterol
4. Meja 4 : Konseling
5. Meja 5 : Pencatatan


Hari ini secara resmi Posbindu Harapan Sehat Puskesmas 1 Cilongok dibuka, pelaksanaan kegiatan dijadwalkan setiap minggu ke 4.
Posbindu ini memiliki slogan "CERDIK" yang merupakan singkatan dari :
1. C : Cek Kesehatan secara berkala
2. E : Enyahkan Asap Rokok
3. R : Rajin berolahraga
4. D : Diet seimbang
5. I : Istirahat yang cukup
6. K : Kelola Stress


Tidak ada komentar: