7 Agustus 2014

Pengisian Lembar Kerja Rujukan Maternal dan Neonatal

Dalam sistem rujukan yang dibawahi oleh program EMAS akan disosialisasikan lembar rujukan yang harus diisi sebelum pasien dirujuk ke rumah sakit, lembar kerja ini akan diseragamkan agar sistem rujukan dapat berjalan optimal serta meningkatkan keselamatan ibu dan bayi baru lahir.

Dalam lembar kerja rujukan terdiri atas 3 komponen :
1. Lembar kerja rujukan neonatal
2. Lembar kerja rujukan maternal
3. Lembar kerja bayi baru lahir

Dalam lembar kerja rujukan neonatal berisi alasan dirujuk dan pasien yang dirujuk bisa memiliki 2 diagnosis, hal ini dideskripsikan tentang riwayat kesehatan neonatal dan fisiknya. Adapun kriteria yang dijelaskan berupa prematur ikas, singkirkan seksi, kelainan pernapasan, dehidrasi dan neurologis. Dijelaskan juga catatan tentang waktu pemberian gentamycin dan dosisnya.



Untuk lembar kerja rujukan maternal berisi juga alasan dirujuk dan periksa tentang pendarahan, PEB/preeklamsia, partus macet, persalinan prematur, dan sepsis yang ada. Dideskripsikan juga tentang pemberian obat jika diperlukan dari pemberian dexamethasone, pemasangan IV line, MgSO4 serta obat-obatan lain. 


Untuk lembar kerja bayi baru lahir berisi tentang identitas ibu, status ibu serta faktor risiko sepsis untuk pemberian antibiotik untuk bayi baru lahir serta histori persalinan yang telah dilaksanakan.
Setiap lembar kerja rujukan telah dilampirkan format yang harus diisi tenaga kesehatan sehingga hal tersebut bisa memudahkan dalam pengisiannya. Untuk lembar kerja ini harus diisi sebelum bayi lahir agar bisa direncakanan lebih lanjut tentang tindakan yang akan dilakukan.


Tidak ada komentar: